Hotkey Keyboard di DE Linux Openbox/LXDE (Part 2)

Setelah sebelumnya kita pada (Part 1) membahas beberapa hotkey keyboard standar bawaan Openbox/LXDE, sekarang kita akan membahas cara mengubah / menambahkan custom hotkey keyboard untuk melengkapi yang kurang dari standar bawaan Openbox/LXDE. Sebagai contoh kita akan menambahkan hotkey (Alt +F3) buat launch xfce4-appfinder (instal dulu kalau belum ada):
1. Buka Terminal Emulator.
Ctrl+Alt+T
2. Masuk ke folder openbox
cd ~/.config/openbox/
3. Clone / backup file lxde-rc.xml
cp lxde-rc.xml lxde-rc.xml.bak
4. Buka file lxde-rc.xml dengan aplikasi text editor
leafpad lxde-rc.xml
5. Cari
</keyboard>
6. Diatasnya, copy/paste berikut ini:
  <!-- Launch xfce4-appfinder on Alt+F3-->
  <keybind key="A-F3">
    <action name="Execute">
      <command>xfce4-appfinder</command>
    </action>
  </keybind></code>
7. Simpan dan tutup aplikasi text editor
8. Ketik perintah berikut di terminal:
openbox --reconfigure
9. Sekarang cek, jika hotkey (Alt +F3) menampilkan xfce4-appfinder seperti gambar berikut, berarti seluruh tahapan diatas tidak ada yang salah.
Penjelasan:
  • Semua langkah diatas meski menggunakan Terminal Emulator, bisa juga menggunakan file manager, tapi foldernya tersembunyi di folder home.
  • Pada langkah no.3, tujuannya untuk antisipasi kalau terjadi kesalahan yang tidak diinginkan. Biasakan melakukan seperti ini jika anda mau mengubah file konfigurasi apapun terutama yang berhubungan dengan sistem, backup dulu file konfigurasi tersebut dengan menambahkan .bak di akhir nama file sebelum mengedit.
  • Pada langkah no.4 aplikasi text editor yang kita gunakan adalah leafpad, selain aplikasi ini kita bisa gunakan nano, xed, gedit dll, tergantung selera anda yang penting text editor.
  • Untuk script pada langkah 6, syntax mirip sama html, ada tag pembuka dan penutup.
    Pada tag <keybind key="A-F3">, A-F3 adalah hotkey dengan A=Alt, bisa juga 3 kombinasi seperti C-A-Tab, untuk yang lain bisa dengan: Ctrl=C, Shit=S, Tab=Tab, Spasi=space, Esc=Escape, Windows/Super=W, Delete=Delete, Panah/Arah Kanan=Right, Panah/Arah Atas=Up, Huruf A-Z=pakai huruf kecil, F1=F1, F9=F9, Print=Print, Angka bawah Num Lock, 1=KP_1, 9=KP_9.
    Pada tag <command>xfce4-appfinder</command>, xfce4-appfinder adalah aplikasi yang dijalankan saat hotkey pada tag sebelumnya ditekan. Penulisan nama aplikasi sesuai dengan saat kita menjalankan aplikasi lewat terminal. Pada tag ini juga jika kita ingin mengubah aplikasi yang dijalankan saat menekan hotkey yang sebelumnya untuk menjalankan aplikasi lain, misal hotkey C-A-Delete untuk menjalankan lxtask (Task Manager) bisa kita ganti dengan lxsession-logout (Logout Session Window).
    xfce4-appfinder merupakan aplikasi bawaan DE Xfce yang berfungsi untuk mencari aplikasi yang sudah terinstal di system kita, fungsinya mirip dengan lxpanelctl run (ALt+F2) dengan fitur yang lebih lengkap. LXDE merupakan DE yang minimalis, makanya apa yang kurang pada LXDE biasanya diambilkan dari Xfce seperti yang dilakukan pengembang distro Manjaro LXDE.
  • Perintah pada langkah 8 jangan sampai lupa, perintah ini untuk memberitahukan system/openbox adanya perubahan konfigurasi. jika tidak anda lakukan, perubabahan konfigurasi tadi tidak menimbulkan perubahan apa-apa.
Credit diberikan kepada: help.ubuntu.com & openbox.org, dengan beberapa modifikasi berdasarkan pengalaman dan hasil riset yang saya lakukan pada Desktop Environtment LXDE/Lubuntu yang diinstal pada distro Linux Mint 18.1 Xfce 64-bit.

Semoga artikel ini bermanfaat positif bagi kita semua, mohon maaf bila ada yang kurang / salah kata. Feedback positif nya kita tunggu. Alhamdulillah & Wassalamu'alaikum.

Keywords: Hotkey, Keyboard, Openbox, LXDE, Linux.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Instal Driver Printer/Scanner Epson L360 di Linux Debian 9 Stretch